Jenis-jenis Hacker/Peretas - EPS-BLOG

Latest

Blog Teknologi Informasi

BANNER 728X90

Minggu, 25 Agustus 2019

Jenis-jenis Hacker/Peretas

Hacker/peretas adalah orang yang mampu mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk kedalam sebuah sistem, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan. 

Hacker juga sering dikaitkan dengan kegiatan yang negatif dan merugikan karena mereka kebanyakan melakukan pembobolan dari sebuah komputer, jaringan komputer, hingga sebuah web yang terhubung ke internet.


Hacker pertama kalinya muncul dengan arti positif yaitu untuk menyebut seorang yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik, namun pada akhirnya banyak pihak pihak yang mengatas namakan hacker atas tindakan yang merugikan pihak lain.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi informasi pergerakan hacker semakin berkembang pesat, setiap hacker biasanya membentuk kelompok tertentu untuk melakukan tujuan mereka seperti Anonymous, Lulzsec, Idiot BlackHat dan lain-lain.

Hingga sekarang, hacker memiliki jenis dan tujuan yang berbeda-beda. Untuk mengetahui jenis-jenis hacker dan apa yang mereka lakukan, berikut ini kami sudah merangkum dari beberapa sumber, 
  • Script Kiddie 
Hacker ini merupakan jenis hacker yang tidak begitu menguasai mengenai sistem komputer. Namun bukan berarti hacker ini tidak dapat menembus suatu sistem komputer, hacker jenis ini masih dapat menembus sistem komputer dengan cara memanfaat software buatan orang lain.
  • Hacktivist
Kemampuan jenis hacker ini digunakan untuk menebar pesan-pesan yang sifatnya bersinggungan dengan politik, ideology beserta agama. Biasanya jenis hacker ini melakukan teknik deface pada setiap website yang berhasil mereka retas yang tujuannya digunakan untuk menampilkan pesan-pesan tersebut pada website yang menjadi korban retasan hacker.
  • Black Hat Hacker
Hacker ini merupakan tipe hacker yang kegiatan hackingnya dilakukan untuk menembus sistem keamanan suatu sistem dengan tujuan utamanya adalah melakukan kerusakan. Mulai dari pencurian identitas, menghapus file dan berbagai jenis kerusakan lain yang pada intinya sifatnya sangat merugikan. Jenis hacker ini biasa disebut juga cracker.
  • White Hat Hacker
Hacker ini merupakan hacker yang sangat teguh pada setiap prinsip standar etika yang sudah ditetapkan. Dalam arti, setiap aktivitas hacking yang dilakukan sifatnya tidak boleh merugikan pihak lain. Lalu untuk apa hacker tersebut melakukan aktivitas hacker? Tujuan tipe hacker ini dalam setiap kegiatan hacking yang dilakukannya sifatnya untuk uji ketahanan suatu sistem atau server. Oleh sebab itu, tipe hacker ini selalu suka mempelajari tentang suatu sistem dan kebanyak hacker tipe ini berprofesi sebagai konsultan keamanan suatu server atau websiten dan juga BugHunter.
  • Grey Hat Hacker
Jenis hacker ini merupakan jenis hacker yang sifatnya berada di antara white hat hacker dan black hat hacker. Hacker yang satu ini tidak memiliki ketetapan dalam memegang prinsipnya. Oleh sebab itu, jenis hacker yang satu ini biasanya memegang standar etika yang sifatnya ganda pada setiap kegiatan hacking-nya. Jadi, bisa dalam beberapa saat hacker ini memegang teguh prinsip hacker namun pada keadaan yang lain hacker yang satu ini dapat melanggar batas-batas hukum yang telah ditetapkan.

Itulah beberapa jenis hacker yang sering dijumpai di dunia teknologi moderen. Beberapa hacker memang memiliki tujuan yang negatif karena ingin memuaskan diri sendiri. Namun ada juga jenis hacker yang memiliki sifat positif dan bisa membantu orang lain dalam mengatasi masalah dalam sebuah jaringan komputer hingga keamanan sebuah website.

Author: Error People Squad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar